Selasa, 06 November 2012

Mengapa Larutan Elektrolit Dapat Menghantarkan Arus Listrik???

Mengapa Larutan Elektrolit Dapat menghantar Listrik???

Mengapa larutan elektrolit dapat menghantarkan arus listrik dijelaskan oleh seorang ilmuan bernama August Svante Arhenius pada tahun 1887. Menurut Arhenius, larutan elektrolit dapat menghantarkan arus listrik karena adanya ion-ion yang bergerak bebas. Ion-ion tersebut menghantarkan listrik dalam larutan.

Oke... sekarang kita ambil contoh salah satu larutan elektrolitnya adalah larutan NaCl. Kita tahu bahwa larutan NaCl atau yang sering kita sebut larutan garam merupakan salah satu larutan elektrolit. 
NaCl jika dilarutkan dalam air akan terurai menjadi ion Na+ dan Cl-.
Ion-ion tersebut bergerak bebas dalam larutan.

Didalam elektrolit tester terdapat elektrode positif dan elektrode negatif. elektrode positif akan didekati oleh ion negatif, sedangkan elektrode negatif akan didekati oleh ion positif. Ion negatif melepaskan elektron. Elektron tersebut mengalir melewati lampu sehingga lampu dapat menyala dan timbul gelembung gas pada satu atau dua elektrode tersebut.

Jadi kesimpulannya, larutan elektrolit dapat menghantarkan arus listrik karena adanya ion-ion yang bergerak bebas. Ion negatif akan mendekati elektrode positif dan melepaskan elektron. Elektron tersebut mengalir dari elektrode positif ke elektrode negatif melewati lampu sehingga lampu dapat menyala dan timbul gelembung-gelembung pada salah satu atau kedua elektrode..: D

2 komentar: